Archives

  • Oktober
    Vol. 7 No. 1 (2020)

    Jurnal Manna Rafflesia Volume 7, No. 1, Oktober 2020 mengangkat tema ”Spirit Reformasi Gereja” tema ini berdasarkan momentum penerbitan Jurnal pada hari Reformasi Gereja pada tanggal 31 Oktober 2020. Pada edisi ini menerbitkan 8 artikel yang menunjukkan bagaimana pengaruh dari spirit reformasi yang telah memberikan perubahan positif dan mengembalikan fokus gereja pada pengajaran Alkitab dan Kristus.

     

  • manna rafflesia cover 6.1 Oktober
    Vol. 6 No. 1 (2019)

    Dalam edisi Vol. 6, No. 1 penerbitan Jurnal Manna Rafflesia, bertepatan dengan momentum Reformasi Gereja,  maka tema yang diangkat adalah Refleksi Pemikiran Reformasi. Pada edisi ini mengangkat prinsip-prinsip Teologi Reformasi baik secara filosofis, spiritual dan praktis.

  • Manna Rafflesis 6.2 April
    Vol. 6 No. 2 (2020)

    Pada terbitan Volume 6, No. 2, April 2020. Tim Redaksi menetapkan Tema: ”Teologi Menjawab Zaman” tema ini diusulkan, karena ada beberapa problematika global yaitu Pendemik Covid-19, serta pentingnya memahami pemikiran zaman ini yaitu postmodern, persoalan doktrinal tentang sakramen baptisan anak, persoalan dalam misiologi baik itu secara konsep maupun praktis dan persoalan dalam Rumah Tangga Kristen yang semakin meningkat serta persoalan pendidikan. Persoalan-persoalan yang disebutkan di atas adalah persoalan yang masih muncul pada masa kini, dan membutuhkan jawaban dalam perspektif Teologis, oleh karena itu pada edisi ini Tim Redaksi menerbitkan 8 artikel untuk memberikan jawaban terhadap persoalan tersebut.

  • manna rafflesia cover 5.2 April
    Vol. 5 No. 2 (2019)

    Sorotan konteks sosial mendorong tim redaksi untuk mengangkat satu tema besar dalam edisi ini, yaitu: Rekonsiliasi. Tema ini mempunyai arti dan gambaran tentang integrasi antara situasi sosial dan theology. Dalam tulisan-tulisan yang disajikan akan tetap mempertahankan pokok pemikiran Teologi Reformasi dalam menjawab beberapa isu-isu Teologis, filsafat, etis dan apologetis

  • Oktober
    Vol. 5 No. 1 (2018)

    Pada edisi ini mengangkat tema tentang ”Revitalisasi Spiritualitas”. Adapun latar belakang pengangkatan tema ini, adalah karena banyaknya kasus degradasi spiritualitas keKristenan, baik dalam merefleksikan semangat reformasi, kesatuan, kepemimpinan, pembacaan Kitab Suci dan dalam menghadapi penderitaan.

  • manna rafflesia cover 4.2 April
    Vol. 4 No. 2 (2018)

    Pada edisi ini mengangkat tema tentang ”Keluarga & Kebangsaan”. Penulisan ini dilatarbelakangi oleh bagaimana keluarga Kristen menjaga kesatuan bangsa dan itu dimulai dari keluarga yang dipulihkan. Oleh karena itu ada beberapa aspek keluarga yang perlu dibereskan, baik itu pembinaan spiritualitas bagi anak, dan menyelesaikan problematika seksualitas.

  • manna rafflesia cover 4.1 Oktober
    Vol. 4 No. 1 (2017)

    Penerbitan Jurnal Manna Rafflesia kali ini mengangkat tema mengenai Realitas Kehidupan Sosial Masyarakat. Sehingga dalam tema-tema yang ditulis selalu mengarahkan pada solusi terhadap masalah-masalah sosial masyarakat.

  • manna rafflesia cover 3.2 April
    Vol. 3 No. 2 (2017)

    Tim Redaksi Jurnal Manna Rafflesia menetapkan Tema: ”Hidup Dalam Sejarah Allah”. Tema ini diangkat sebagai upaya mengingatkan kembali orang Kristen bahwa iman kita menyadari bahwa apa yang kita hidupi adalah sejarah yang telah ditetapkan Allah. Oleh karena itu beberapa hal praktis akan dikaji dalam isi Jurnal ini sebagai upaya untuk memberikan gambaran hidup dalam sejarah Allah.

  • manna rafflesia cover 3.1 Oktober
    Vol. 3 No. 1 (2016)

    Pada penerbitan kali ini mengangkat tema tentang ”Aspek-Aspek Dalam Misiologi Kristen”. Tema ini diangkat karena menyoroti prbolematika dalam tindakan misi saat ini. Kita percaya bahwa keberhasilan misi karena Anugerah Allah. Namun seringkali dalam realita terjadi kegagalan misi karena ’misiolog’ itu sendiri. Hal tersebut karena seorang ’misiolog’ mengalami degradasi iman, tidak menjaga kekudusan hidup, kemerosotan spiritualitas dan konflik doktrinal dalam berkontekstualisasi.

  • manna rafflesia cover 2.2 April
    Vol. 2 No. 2 (2016)

    Penerbitan Jurnal ke empat ini mengangkat Tema tentang ”Iman & Karakter”. Tema ini tim redaksi nilai penting untuk diangkat karena memberikan pembinaan dan wawasan kepada umat Kristiani di Indonesia tentang pentingnya pendidikan agama Kristen baik oleh gereja dan keluarga, karakteristik seorang pemimpin rohani, pernikahan, pondasi iman dan penyelesaian konflik.

  • manna rafflesia cover 2.1 Oktober
    Vol. 2 No. 1 (2015)

    Tema Jurnal pada edisi ini yaitu Keunikan Theologia Kristen. Tema ini diangkat berdasarkan keadaan orang percaya yang mengalami krisis terhadap pengertian iman Kristen yang unik.

  • manna rafflesia cover 1.2 April
    Vol. 1 No. 2 (2015)

    Pada edisi ini mengangkat tema Kehidupan Praktis Kekristenan. Dalam tema ini membahas kehidupan praktis keKristenan, dalam hal kualitas penggembalaan, pasangan yang tidak seimbang, pemahaman soteriologis, kesetiaan dalam pelayanan dan implementasi buah Roh.

  • manna rafflesia cover 1.1 Oktober
    Vol. 1 No. 1 (2014)

    Jurnal Manna Rafflesia merupakan sarana untuk memberikan wadah yang mengakomodir pemikiran-pemikiran teologis para akademisi Teologi. Melalui Lembaga Percetakan Permata Rafflesia tulisan-tulisan yang bermakna dapat dicetak dan digunakan dalam membangun wawasan spiritualitas banyak orang Kristen. Pada Edisi Pertama ini mengangkat Tema tentang Spirituality Building.