Archives

  • Oktober
    Vol. 10 No. 1 (2023)

    Pada edisi ini Tim Redaksi menetapkan Tema: ”Teologi & Kebudayaan” yang disajikan dalam kajian Teologi baik Sistematika, Biblika, Praktika, Historika dan Misiologi. Pada edisi ini Tim Redaksi mempublikasikan 15 artikel dengan 27 Kontributor yang telah berkontribusi memberikan jawaban secara teologis terhadap problem manusia masa kini berkaitan dengan kebudayaan. Proposal Pendekatan Interkultural Kepada Suku Boti Tentang Konsep Keilahian Uis Neno, Pemahaman Konsep Predestinasi Sebagai Jaminan Keselamatan Berdasarkan Roma 8:29-30, Pentingnya Studi Kritik Teks Dalam Eksegesis Perjanjian Baru, Spiritualitas dan Teologia Sosial Pentakostal Asia, Analisis Teologis Tentang Penggunaan Kata “Menyesal” Pada Diri Allah, Trinity Emergent-Ecclesilogy: Sebuah Tawaran Eklesiologi Kontekstual Era Pascapandemi Covid-19, Kebebasan Beragama, Religiusitas Dan Pembangunan Ekonomi, Aktualisasi Nilai Misi Dalam Dinamika Budaya Pada Keluarga Kristen Di Mentawai, Mandat Budaya Dalam Wawasan Dunia Kristen, Theological and Cultural Studies on Incest for Youth Christian, Metode Berteologi Paulus Menurut 1 Korintus 9:1-23 Dalam Konteks Masa Kini, Ludruk Sebagai Media Mewartakan Misi Kerajaan Allah Di Lingkup Greja Kristen Jawi Wetan, Rancang Bangun Teologi Lokal Sangkan Paran Bagi Pewartaan Injil Kepada Masyarakat Jawa Di Paguyuban Ngesti Tunggal Caruban, Mereduksi Prilaku Dan Budaya Koruptif: Upaya Pembentukan Karakter Anti Korupsi Dalam Prespektif Etis Teologi, Karya Roh Kudus Dalam Menempatkan Pelayan Gereja Masa Kini Berdasarkan Kisah Para Rasul 6:1-7.  Semua problem tersebut berelasi dengan Budaya baik secara praktis maupun teoritis, maka penerbitan jurnal edisi sangat relevan.

  • April
    Vol. 9 No. 2 (2023)

    Pada edisi ini Tim Redaksi masih melanjutkan Tema: ”Teologi dan Kemanusiaan” yang disajikan dalam kajian Teologi baik Sistematika, Biblika, Praktika, Historika dan Misiologi. Pada edisi ini Tim Redaksi mempublikasikan 20 artikel dengan 43 Kontributor yang telah berkontribusi memberikan jawaban secara teologis terhadap problem manusia masa kini, Iman Dan Logika Perempuan Kanaan: Interpretasi Matius 15:22-28, The Hypostasis Of Jesus And His  Reflections For Current Believers, Dampak Gereja Rumah Dan Pertumbuhan Iman Terhadap Misi Penginjilan Yang Dimoderasi Oleh Kepemimpinan, Analisis Kritis Terhadap Penggunaan Nyanyian Rohani Kontemporer Di Ibadah Minggu Sore Gereja HKBP Pardamean Pematang Siantar, Peran Izebel Terhadap Kepemimpinan Ahab Dalam 1 Raja-Raja 21: 1-16 Berdasarkan Pemikiran Hannah Arendt, Tentang Banalitas Kejahatan, Potret Solidaritas Yesus Bagi Kaum Miskin Dan Relevansinya Bagi Rohaniawan, Pastoral Care Bagi Jemaat Dewasa Muda Dengan Gamophobia Menuju Pernikahan Kristen, Pertanggungjawaban Nabi Yehezkiel Sebagai Penjaga Umat Israel, Analisis Biografi Zerubabel Sebagai Imam, Pemimpin Publik Dalam Kitab Ezra Dan Implementasinya Bagi Pemimpin Gereja, Wacana Postmodernisme: Analisis Dialektik Terdahap Budaya, Filsafat Dan Manifestasinya Pada Teologi Kontemporer, Disiplin Rohani Bagi Mahasiswa STT Ebenhaezer: Prespektif Dalam Perjanjian Lama, Demarkasi Konteks Dualisme Spesifik Natur Yesus Eksposisi Yohanes 5:19, Gereja Yang Berbagi Daya Dalam Misi Lintas Budaya: Kajian Misiologis Roma 15:22-33, Manifestasi Kasih Dan Keadilan Allah: Kajian Etis-Teologis Tentang Kekerasan, Sikap Dan Tindakan Orang Kristen Terhadap Ancaman Politik Identitas Dan Intoleransi: Sebuah Kajian Teologi Praktis, Penerapan Disiplin Gereja Berdasarkan Kitab Injil Sebagai Pedoman Dalam Melayani Orang-Orang Yang Termajilkan, Misi Gereja Sebagai Persekutuan Yang Terbuka Berdasarkan Doa Tuhan Yesus Dalam Yohanes 17:18-19, Analisis Sosio-Historis Teks Kejadian 1:28 Dan Implikasinya Bagi Kelahiran Anak Dalam Pernikahan Kristen, The Conflict Of Forest Management In Kinipan: Environmental Protection, Collective Ethics, And Eco-Theological Perspective, Dasar Spiritual Manajemen Konflik Gereja Mula-Mula Menurut Kitab Kisah Para Rasul,.  Semua problem tersebut berelasi dengan Kemanusiaan baik secara praktis maupun teoritis, maka penerbitan jurnal edisi ini sangat relevan.

  • Oktober
    Vol. 9 No. 1 (2022)

    Pada terbitan ini mengangkat tema "Teologi dan Kemanusiaan" yang disajikan dalam kajian Teologi baik Sistematika, Biblika, Praktika, Historika dan Misiologi. Pada edisi ini memberikan jawaban secara teologis terhadap problem manusia masa kini, melalui beberapa judul artkel, yaitu: Analisis Konsep Teodisi Wahyu 13:16-18 Pada Polemik Vaksinasi Covid-19,Misi Gereja Dalam Pengembangan Praktek Penginjilan Pribadi Dan Pemuridan Generasi Z, Pemeliharaan Allah Di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Refleksi Teologis Berdasarkan Kitab Ester, Toward A Christian Transformational Leadership,  “Ibuku adalah Guruku”: Model Pola Asuh Yokebhed, Asimilasi Yesus Kristus: Suatu Studi Konten Analisis Menurut Filipi 2: 6-8, Kelompok Kecil: Strategi Efektif Bagi Pembinaan Warga Gereja, Penerapan Pendekatan Komunikasi Intersubyektif Dari Jurgen Habermas Dalam Mengomunikasikan Ajaran Alkitab Dan Berita Injil, Kisah Nuh Dan Terjadinya Air Bah Di Bumi:Tindakan Kasih Karunia Allah Berdasarkan Kejadian 6-9, Perubahan Makna Teologis Sungai Kahayan Bagi Masyarakat Bukit Rawi, Bisnis Peralatan Ibadah Ditinjau Dari Etika Kristen. Semua problem tersebut berelasi dengan Kemanusiaan baik secara praktis maupun teoritis, maka penerbitan jurnal edisi sangat relevan.

  • April
    Vol. 8 No. 2 (2022)

    Teologi & Relasi Kehidupan adalah tema yang ditetapkan untuk edisi Vol. 8, No. 2 (April): 2022. Melalui tema ini beragam hasil penelitian disajikan untuk menjawab beragam problem kehidupan manusia. Melalui 15 artikel dengan 32 Kontributor yang telah berkontribusi memberikan jawaban secara teologis terhadap problem manusia masa kini, secara khusus memahami pertanyaan tentang Mesias, spiritualitas, prioritas manusia, praktek puasa dalam iman Kristen, implementasi otoritas dan integritas bagi pemimpin Kristen, memahami dosa menghujat Roh Kudus, memahami konsep Teodisi, filsafat matematika yang telah terdeskrpsi dalam Alkitab, isu doktrinal tentang lapsarianisme, kehidupan praktis seorang ayah sebagai teladan, membangun harmonisasi dengan alam, konsep ibadah syukur pasca pandemi. Semua problem tersebut berelasi dengan kehidupan manusia baik secara praktis maupun teoritis, maka penerbitan jurnal edisi sangat relevan.

  • Oktober
    Vol. 8 No. 1 (2021)

    Edisi ini mengangkat Tema: ”Hikmat dalam Teologi.” Tema ini sangat penting untuk dikaji dalam berbagai sudut pandang teologis, praktis dan misiologis. Tema ini menunjukkan bahwa Teologi Kristen masih relevan dan signifikan pada masa kini dalam memberikan hikmat utuk menjawab beragam problem kehidupan manusia. Ada 15 artikel yang dipublikasikan, yang menunjukkan realisasi hikmat dalam Teologi, secara khusus memahami hikmat dalam Taurat Tuhan, hikmat dalam berapologetika tentang doktrin Kristen baik Kristologi dan tentang transendensi Allah, hikmat dalam menghadapi dampak pandemik covid-19, baik dalam pendidikan, wirausaha dan teologis, hikmat dalam kepemimpinan secara khusus bagi para pemimpin gereja dan kaum ibu, hikmat dalam mengatur keuangan, hikmat dalam mengantisipasi kehidupan sosial yang menyimpang secara khusus merespon komunitas LGBT, hikmat dalam membangun kehidupan yang kudus dan hikmat dalam melaksanakan misi Allah. Kajian-kajian tersebut menunjukkan betapa kaya hikmat dari Teologi Kristen. Sehingga tidak berlebihan jika "Theology is the master of Philosophy."

  • April
    Vol. 7 No. 2 (2021)

    Pada terbitan Manna Rafflesia Vol. 7, No. 2 (April 2021) Tim Redaksi menetapkan Tema: ”Teologia & Tantangan Kehidupan” tema ini diusulkan, berdasarkan konteks yang dihadapi masa kini, Pada edisi ini artikel-artikel yang disajikan memberikan jawaban secara teologis terhadap beragam tantangan kehidupan manusia masa kini, baik tantangan dalam kehidupan spiritual, tantangan misional selama pandemi covid-19, tantangan membaca Alkitab, tantangan mewujudkan kepemimpinan pastoral dan kepemimpinan hamba, tantangan dalam pelayanan pastoral, tantangan menentukan arah penggunaan media sosial bagi generasi muda Kristen, tantangan doktrinal menjawab keberatan penafsiran saksi Yehuwa dan tantangan kehidupan manusia dalam hal solidaritas dan kemanusiaan.

  • Oktober
    Vol. 7 No. 1 (2020)

    Jurnal Manna Rafflesia Volume 7, No. 1, Oktober 2020 mengangkat tema ”Spirit Reformasi Gereja” tema ini berdasarkan momentum penerbitan Jurnal pada hari Reformasi Gereja pada tanggal 31 Oktober 2020. Pada edisi ini menerbitkan 8 artikel yang menunjukkan bagaimana pengaruh dari spirit reformasi yang telah memberikan perubahan positif dan mengembalikan fokus gereja pada pengajaran Alkitab dan Kristus.

     

  • manna rafflesia cover 6.1 Oktober
    Vol. 6 No. 1 (2019)

    Dalam edisi Vol. 6, No. 1 penerbitan Jurnal Manna Rafflesia, bertepatan dengan momentum Reformasi Gereja,  maka tema yang diangkat adalah Refleksi Pemikiran Reformasi. Pada edisi ini mengangkat prinsip-prinsip Teologi Reformasi baik secara filosofis, spiritual dan praktis.

  • Manna Rafflesis 6.2 April
    Vol. 6 No. 2 (2020)

    Pada terbitan Volume 6, No. 2, April 2020. Tim Redaksi menetapkan Tema: ”Teologi Menjawab Zaman” tema ini diusulkan, karena ada beberapa problematika global yaitu Pendemik Covid-19, serta pentingnya memahami pemikiran zaman ini yaitu postmodern, persoalan doktrinal tentang sakramen baptisan anak, persoalan dalam misiologi baik itu secara konsep maupun praktis dan persoalan dalam Rumah Tangga Kristen yang semakin meningkat serta persoalan pendidikan. Persoalan-persoalan yang disebutkan di atas adalah persoalan yang masih muncul pada masa kini, dan membutuhkan jawaban dalam perspektif Teologis, oleh karena itu pada edisi ini Tim Redaksi menerbitkan 8 artikel untuk memberikan jawaban terhadap persoalan tersebut.

  • manna rafflesia cover 5.2 April
    Vol. 5 No. 2 (2019)

    Sorotan konteks sosial mendorong tim redaksi untuk mengangkat satu tema besar dalam edisi ini, yaitu: Rekonsiliasi. Tema ini mempunyai arti dan gambaran tentang integrasi antara situasi sosial dan theology. Dalam tulisan-tulisan yang disajikan akan tetap mempertahankan pokok pemikiran Teologi Reformasi dalam menjawab beberapa isu-isu Teologis, filsafat, etis dan apologetis

  • Oktober
    Vol. 5 No. 1 (2018)

    Pada edisi ini mengangkat tema tentang ”Revitalisasi Spiritualitas”. Adapun latar belakang pengangkatan tema ini, adalah karena banyaknya kasus degradasi spiritualitas keKristenan, baik dalam merefleksikan semangat reformasi, kesatuan, kepemimpinan, pembacaan Kitab Suci dan dalam menghadapi penderitaan.

  • manna rafflesia cover 4.2 April
    Vol. 4 No. 2 (2018)

    Pada edisi ini mengangkat tema tentang ”Keluarga & Kebangsaan”. Penulisan ini dilatarbelakangi oleh bagaimana keluarga Kristen menjaga kesatuan bangsa dan itu dimulai dari keluarga yang dipulihkan. Oleh karena itu ada beberapa aspek keluarga yang perlu dibereskan, baik itu pembinaan spiritualitas bagi anak, dan menyelesaikan problematika seksualitas.

  • manna rafflesia cover 4.1 Oktober
    Vol. 4 No. 1 (2017)

    Penerbitan Jurnal Manna Rafflesia kali ini mengangkat tema mengenai Realitas Kehidupan Sosial Masyarakat. Sehingga dalam tema-tema yang ditulis selalu mengarahkan pada solusi terhadap masalah-masalah sosial masyarakat.

  • manna rafflesia cover 3.2 April
    Vol. 3 No. 2 (2017)

    Tim Redaksi Jurnal Manna Rafflesia menetapkan Tema: ”Hidup Dalam Sejarah Allah”. Tema ini diangkat sebagai upaya mengingatkan kembali orang Kristen bahwa iman kita menyadari bahwa apa yang kita hidupi adalah sejarah yang telah ditetapkan Allah. Oleh karena itu beberapa hal praktis akan dikaji dalam isi Jurnal ini sebagai upaya untuk memberikan gambaran hidup dalam sejarah Allah.

  • manna rafflesia cover 3.1 Oktober
    Vol. 3 No. 1 (2016)

    Pada penerbitan kali ini mengangkat tema tentang ”Aspek-Aspek Dalam Misiologi Kristen”. Tema ini diangkat karena menyoroti prbolematika dalam tindakan misi saat ini. Kita percaya bahwa keberhasilan misi karena Anugerah Allah. Namun seringkali dalam realita terjadi kegagalan misi karena ’misiolog’ itu sendiri. Hal tersebut karena seorang ’misiolog’ mengalami degradasi iman, tidak menjaga kekudusan hidup, kemerosotan spiritualitas dan konflik doktrinal dalam berkontekstualisasi.

  • manna rafflesia cover 2.2 April
    Vol. 2 No. 2 (2016)

    Penerbitan Jurnal ke empat ini mengangkat Tema tentang ”Iman & Karakter”. Tema ini tim redaksi nilai penting untuk diangkat karena memberikan pembinaan dan wawasan kepada umat Kristiani di Indonesia tentang pentingnya pendidikan agama Kristen baik oleh gereja dan keluarga, karakteristik seorang pemimpin rohani, pernikahan, pondasi iman dan penyelesaian konflik.

  • manna rafflesia cover 2.1 Oktober
    Vol. 2 No. 1 (2015)

    Tema Jurnal pada edisi ini yaitu Keunikan Theologia Kristen. Tema ini diangkat berdasarkan keadaan orang percaya yang mengalami krisis terhadap pengertian iman Kristen yang unik.

  • manna rafflesia cover 1.2 April
    Vol. 1 No. 2 (2015)

    Pada edisi ini mengangkat tema Kehidupan Praktis Kekristenan. Dalam tema ini membahas kehidupan praktis keKristenan, dalam hal kualitas penggembalaan, pasangan yang tidak seimbang, pemahaman soteriologis, kesetiaan dalam pelayanan dan implementasi buah Roh.

  • manna rafflesia cover 1.1 Oktober
    Vol. 1 No. 1 (2014)

    Jurnal Manna Rafflesia merupakan sarana untuk memberikan wadah yang mengakomodir pemikiran-pemikiran teologis para akademisi Teologi. Melalui Lembaga Percetakan Permata Rafflesia tulisan-tulisan yang bermakna dapat dicetak dan digunakan dalam membangun wawasan spiritualitas banyak orang Kristen. Pada Edisi Pertama ini mengangkat Tema tentang Spirituality Building.