UPAYA BERTEOLOGI KONTEKSTUAL: PENGAJARAN TENTANG POLA ASUH ANAK DALAM EFESUS 6:1-4 TERHADAP POLA ASUH ETNIS JAWA
Abstract
Di era kemajuan teknologi peran orang tua dalam tugasnya mengasuh seorang anak bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Pentingnya pola asuh yang relevan sangat dibutuhkan untuk memberikan edukasi terhadap generasi digital yang telah kecanduan terhadap kecanggihan teknologi digital. Tujuan penelitian ini ialah mendapatkan gambaran tentang konsep pola asuh berdasarkan Efesus 6:1-4 dan menurut Etnis Jawa. Dari hasil pembahasan akan dicari persamaan dan perbedaan yang akan menjadi model pendekatan teologi kontekstual bagi masyarakat Jawa. Penelitian ini memakai metode kualitatif dengan sebuah pendekatan eksegesa, etnografi, wawancara, kepustakaan dan metode kontekstual. Hasil yang ditemukan mengungkapkan bahwa Orang tua seharusnya menjadi seorang yang bertanggung jawab mendidik anak dengan hati yang melayani. Keterhubungan yang erat antara anak dengan orang tuanya memampukan orang tua memiliki tanggung jawab untuk memenuhi kehidupan seorang anak, dan sebaliknya jika seorang anak dengan patuh menyediakan hati diperlengkapi oleh orang tua maka pola asuh yang benar akan menunjang seluruh kehidupan anak dimasa depan.
Abstract View: 133, Pdf Download: 124Downloads
References
Akin, Gian Gideon. “Keluarga Yang Berpusat Pada Injil Eksposisi Surat Efesus 6:1-4.” Voice 2, no. 2 (2022): 10. https://doi.org/10.54636/teologi.v2i2.42.
Amalia Safitri, Yumna, Sunan Baedowi, and Eka Sari Setianingsih. “Pola Asuh Orang Tua Di Era Digital Berpengaruh Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV.” MIMBAR PGSD Undiksha 8, no. 3 (2020): 508–14.
Amelia, Jessica. “Asosiasi Antara Gaya Pengasuhan Dan Status Ldentitas Diri Remaja Etnis Jawa.” Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya 3, no. 1 (2014): 2–14.
Aslan, Aslan. “Peran Pola Asuh Orangtua Di Era Digital.” Jurnal Studia Insania 7, no. 1 (2019): 20. https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269.
Baiduri, Ratih, and Anggun Yuniar. “Pola Pengasuhan Keluarga Etnis Jawa Hasil Pernikahan Dini Di Deli Serdang.” Jurnal Antropologi Sumatera 15, no. 1 (2017): 252–58.
“Bible Works Version 7,” n.d.
Dkk, Alford Henry. The Wycliffe Bible Commentary : Tafsiran Alkitab Wycliffe Volume 3 ; Perjanjian Baru. Malang: Gandum Mas, 2013.
Donald.C Stamps. Alkitab Penuntun Hidup Berlimpahan Seri: Life Application Study Bible. Malang: Gandum Mas, 2019.
Emzir. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: RajawaliPers, 2012.
Etikawati, A.I., J.R. Siregar, R. Jatnika, and H. Widjaja. “Pengembangan Instrumen Pengasuhan Berbasis Nilai Budaya Jawa.” Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen 12, no. 3 (2019): 208–22. https://doi.org/10.24156/jikk.2019.12.3.208.
Fardhani, Lanang A. “Makna ‘Dadi Wong’ Sebagai Refleksi Dari Sosialisasi Pada Pola Pengasuhan Anak Dalam Keluarga Jawa Di Kelurahan Wanea Kota Manado.” Jurnal Holistik 8, no. 15 (2015): 1–13. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/8267.
“Https://Alkitab.Sabda.Org/Verse.Php?Book=efesus&chapter=6&verse=2,” n.d.
Hutabarat, Christiani, and Bobby Putrawan. “Pengantar Pola Asuh Orang Tua Dalam Keluarga Kristen.” Jurnal Teologi Kependetaan 11, no. 2 (2021): 84–94. https://e-journal.stapin.ac.id/index.php/pneumatikos.
Imeldawati, Tiur. “Makna Kata Taat Dan Hormat Dalam Efesus 6:1-3.” KERUGMA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2019): 152–69. http://www.sttiimedan.ac.id/e-journal/index.php/kerugma/article/view/13.
J.D. Douglass, Dkk. Tafsiran Alkitab MAsa Kini 3 (Matius-Wahyu). Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF, 2012.
J.L. Ch. Abineno. Tafsiran Alkitab Surat Efesus. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia, 2012.
John R.W. Stott. Efesus: Mewujudkan Mastyarakat Baru Di Dalam Dan Melalui Yesus Kristus. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih, 2003.
JohnW.Cresswell. Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. NeyJersey: PersonEducation, Inc., 2012.
Kenenth D. Barney. Surat Efesus. Malang: Gandum Mas, 2001.
Mala, Reynhard. “Implikasi Pendidikan Kristen Dalam Keluarga Menurut Efesus 6: 1-4 Pada Masa Pandemi Covid-19.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2021): 1–23. https://ejournal.iaknpky.ac.id/index.php/harati/article/view/28%0Ahttp://journal.vokasi.ui.ac.id/index.php/jsht/article/viewFile/129/91.
Miranti, Windi, Azah Nadya Balqista, Esi Maharani, Jeni Triagustriani, and Yecha Febrieanitha Putri. “Pengasuhan Serta Pengasuhan Menurut Ragam Sosial Budaya.” Jurnal Multidisipliner Bharasumba 1, no. 1 (2022): 116–25.
Muhammad Idrus. “Pendidikan Karakter Pada Keluarga Jawa.” Jurnal Pendidikan Karakter Tahun II, (2012).
Nurani, Gita Aulia, Melia Puspadewi, Fitria Apriliani, and Moordiningsih. “Pembentukan Karakter Dalam Keluarga Jawa.” Publikasi Ilmiah UMS, 2020, 274–82.
Patty, Febby Nancy, Vincent Kalvin Wenno, and Fiona Anggraini Toisuta. “Keluarga Dan Pendidikan Karakter: Menggali Implikasi Nilai-Nilai Hausetafel Dalam Efesus 6:1-9.” Kurios 6, no. 2 (2020): 102. https://doi.org/10.30995/kur.v6i2.155.
Perjanjian Baru Interlinear Jilid I Dan II. Jakarta: LAI Indonesia, n.d.
Peter T. O’Brien. Surat Efesus. Surabaya: Momentum, 2013.
Savira, Fitria, and Yudi Suharsono. “Kajian Biblika Mengenai Pendidikan Anak Dan Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini.” Journal of Chemical Information and Modeling 01, no. 01 (2013): 1689–99.
Sepang, I V. Modul Pembelajaran SMA Sosiologi Kelas XI: Integrasi Sosial Sebagai Upaya Pemecahan Masalah Di Masyarakat, 2020.
Simamora, Holong P. “Kewajiban Seorang Anak Dalam Menghormati Orang Tua Ditinjau Dari Efesus 6:2.” Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 2023. http://www.e-journal.sttpaulusmedan.ac.id/index.php/sotiria/article/view/57.
Sugiono, Sugiono, and Mesirawati Waruwu. “Peran Pemimpin Gereja Dalam Membangun Evektifitas Pelayanan Dan Pertumbuhan Gereja Di Tengah Fenomena Era Disrupsi.” DIDASKO: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2021): 111–22. https://doi.org/10.52879/didasko.v1i2.25.
Sutanto, Hasan. Perjanjian Baru Interlinear Yunani - Indonesia Dan Konkordansi Perjanjian Baru (PBIK) Jilid I : Perjanjian Baru Interlinear Yunani - Indonesia. Jakarta: Lembaga Alkitab Indonesia, 2014.
Tannu, Elisa Elthon, and Reymand Hutabarat. “Analisis Teologis Pemahaman Dan Penerapan Orang Tua Terhadap Makna ‘Janganlah Bangkitkan Amarah Di Dalam Hati Anak-Anakmu’ Berdasarkan Efesus 6:4 Di Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Jemaat Palem Semi Dan Jemaat Makarios Konferens Dki Jakarta.” Jurnal Marturia 1, no. 1 (2017): 87–109. https://jurnal.unai.edu/index.php/martu/article/view/420.
Tari, Ezra, Maria Darniati Dimu, and Nelman A. WEny. “Peran Ayah Sebagai Pendidik Berdasarkan Efesus 6:4.” SOPHIA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2021): 121–35. https://doi.org/10.34307/sophia.v1i2.9.
Tinggi Teologi Biblika Jakarta, Sekolah. “Ketaatan Anak Terhadap Orang Tua Ditinjau Dari Efesus 6:1-4 Menjawab Fenomena Peningkatan Kasus Anak Melawan Orang Tua Enny Irawati*.” Jurnal Teologi Biblika 6, no. 1 (2021): 15–22.
Ulya, Nadiya, Raden Rachmy Diana, Piaud Uin, Sunan Kalijaga, Piaud Uin, and Sunan Kalijaga. “Peran Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Anak Usia.” Jurnal Golden Age 5, no. 02 (2021): 304–13.
Wardani, Fivien Luthfia Rahmi, and Zahrotul Uyun. “‘Ngajeni Wong Liyo’ ; Menghormati Orang Yang Lebih Tua Pada Remaja Etnis Jawa.” Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi 2, no. 2 (2017). https://doi.org/10.23917/indigenous.v2i2.5681.
WE Vine, M Unger -. Vine’s Complete Expository Dictionary of Old and New Testament Words: With Topical Index, 1996.
Wiki, W. “Pola Pengasuhan Anak Dalam Keluarga Perkawinan Etnis Jawa Dan Mandailing Di Nagari Kinali,” 2022. http://scholar.unand.ac.id/111186/.
Copyright (c) 2024 Manna Rafflesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.