MODEL PASTORAL KONSELING TERHADAP ANAK SEKOLAH MINGGU DI GPO PRABUMULIH
Abstract
Anak-anak tidak dapat mengerti kalau mereka mengalami masalah, dan anak-anak tidak dapat menceritakan masalahnya dengan baik. Dibutuhkan model pastoral konseling terhadap anak yang tepat agar anak dapat mengerti masalahnya dan menyelesaikannya. Anak Sekolah Minggu di Gereja GPO Prabumulih membutuhkan pelayanan pastoral konseling, namun guru-guru Sekolah Minggu yang ada di Gereja ini tidak mengerti pelayanan konseling kepada anak-anak. Maka, tujuan penelitian untuk memberikan suatu model pastoral konseling kepada anak untuk guru Sekolah Minggu. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan secara Kualitatif dan kuantitatif. Penelitian Kualitatif untuk membahas obyek yang diteliti secara mendalam melalui berbagai bidang yang berhubungan dengan penelitian tersebut. Penelitian kuantitatif untuk mencari data yang telah dikumpulkan melalui wawancara dan data kuesioner penelitian. Hasil dari penelitian ini ditemukan model pastoral konseling yang relevan dengan anak Sekolah Minggu di GPO Parabumulih. Harapannya dengan adanya model pastoral konseling ini, guru Sekolah Minggu dapat digunakan untuk menyelesaikan dan memulihkan masalah anak-anak Sekolah Minggu.
Abstract View: 208, Pdf Download: 155Downloads
References
____. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia, 2008.
Burhan Bungin. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi dan Kebijakan Publik Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media., 2005.
Daniel Susanti. Misi Gereja Melalui Pelayanan Pastoral di Indonesia Pada Masa kini. 2 ed. Batu: Literatur YPPII, 2017.
Esther Rela Intarti. Buku Pengantar Konseling Pastoral. Yoyakarta: Buku Baik, 2016.
Hadi P. Suhardjo. Konseling Krisis & Terapi Singkat: Pertolongan Disaat-Saat Sulit,. Bandung: Pionir Jaya, 2006.
Harianto GP. Perkunjungan Pastoral. Yogyakarta: ANDI, 2021.
I Made Suharta. “Pastoral Konseling Terhadap Anak Usia 5-12 Tahun Yang Mengalami Krisis Kasih Sayang.” SCRIPTA: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kontekstual 4, no. 2 (13 Juli 2020): 158– 81.
J. Djadi. “Metode Pastoral Bagi Anak Sekolah Minggu.” Jurnal Jaffray 5, no. 1 (2007): 1–6.
J.L.Ch. Abineno. Pedoman Praktis Untuk Pelayanan Pastoral. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.
———. Pengembalaan. 10 ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2013.
John M. Drescher. Tujuh Kebutuhan Anak: Arti, Jaminan, Penerimaan, Kasih, Doa, Disiplin dan Tuhan. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2012.
John Mac Arthur. Kiat Sukses Mendidik Anak Dalam Tuhan. Jakart: IMMANUEL, 2004.
Lexy. J. Moleong. “Metodologi Penelitian Kualitatif,” 6. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya, 2010.
Linus Sumule. Pengembangan Pemuridan Kontekstual Untuk Mengatasi Degradasi Moral Pemuda Di Jemaat Bethel Polongaan Melalui Pembinaan Warga Gereja. (2023).
M. Bons-Strom. Apakah Pengembalaan Itu. 2 ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2004.
Parasian Simamora. Impacting Change- Konseling Anak. Palembang: Badan Evangelisasi dan Pembinaan GMI Wil. 1, 2014.
Ruth Laufer, dan Anni Dyck. Pedoman Pelayanan anak. Batu: YPPII Departemen Pelayanan Anak dan Pemuda, 2006.
Samosir, P. “Peran Guru dan Orang Tua dalam Pendidikan Anak.” KERUGMA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 2 (2021): 34–51.
Vilincastiany Rachel Roeroe. “Efektifitas Gembala Dalam Pelayanan Pastoral Untuk Mendukung Pertumbuhan Jemaat Lokal Di Gereja Bethel Indonesia Desa Muara Mujan Kutai Barat Kalimantan Timur.” Skripsi, STT IKAT, 2021.
Wangania, Judith, dan Jammes Juneidy Takaliuang. “Harmonisasi Pola Asuh Orang Tua Dengan Pengajaran Sekolah Minggu Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Berdasarkan Nilai-Nilai Spiritual Di Gkpb Jemaat Galang Ning Sabda Cica Bali.” Missio Ecclesiae 10, no. 1 (2021): 4.
Wiratna Sujarweni, V. Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru, 2014.
WL. Pra Reserch-Wawancara By. Handphone (12 Agustus 2018).
———. Wawancara Kordinator Guru Sekolah Minggu (1 Juli 2022).
Copyright (c) 2024 Manna Rafflesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.